5 Startup Terbaik Berpredikat Unicorn Indonesia 2020

Perkembangan teknologi di Indonesia termasuk yang cukup pesat, terbukti dengan beberapa startup karya anak bangsa masuk dalam jajaran Unicorn Indonesia. Unicorn sendiri merupakan sebutan yang diberikan kepada para startup yang telah memiliki nilai valuasi di atas 1 miliar dollar AS atau setara dengan 14,1 triliun.

5 Startup Berpredikat Unicorn Indonesia 2020

Tidak bisa dipungkiri, startup atau perusahaan rintisan memiliki peranan penting dalam membangun perekonomian suatu negara. Maka dari itu, dengan adanya gelar unicorn yang dimiliki oleh sebuah startup pastinya memiliki dampak yang besar. Jadi tidak heran jika pemerintah selalu mendorong perusahaan perintis untuk bisa mendapatkan gelar tersebut.

Di tengah persaingan bisnis yang semakin tinggi seperti saat ini, memiliki gelar unicorn pastinya sebuah pencapaian luar biasa bagi sebuah startup. Nah dari sekian banyak startup yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya telah berhasil mendapatkan gelar Unicorn. Dan Inilah 5 startup yang masuk dalam daftar Unicorn Indonesia saat ini.

 

Daftar Startup Terbaik Berpredikat Unicorn di Indonesia

1. Gojek.

5 Startup Berpredikat Unicorn Indonesia 2020

Startup pertama yang mendapatkan title unicorn di Indonesia adalah Gojek. Startup rintisan Nadiem Makariem ini merupakan perusahaan yang bergerak dibidang transportasi. Selain di Indonesia, perusahaan ini juga melebarkan sayapnya ke luar negeri seperti Singapura, Vietnam dan juga Thailand. Gojek mendapatkan gelar unicorn sejak tahun 2016.

2. Tokopedia.

5 Startup Berpredikat Unicorn Indonesia 2020

Setelah Gojek, Tokopedia menyusul sebagai startup yang menyandang gelar Unicorn. Tokopedia merupakan perusahaan rintisan yang fokus di bidang e-commerce online ti offline. Gelar Unicorn Indonesia diterima Tokopedia pada tahun 2017. Kini perusahaan ini telah tercatat sudah memiliki valuasi di angka 7 miliar dolar.

3. Traveloka.

5 Startup Berpredikat Unicorn Indonesia 2020

Traveloka merupakan perusahaan rintisan yang bergerak di bidang travel dan pemesanan hotel. Ini menjadi traveloka sebagai startup travel pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan gelar Unicorn. Saat ini Traveloka memiliki angka valuasi sebesar 2 miliar dolar AS atau setara dengan 28 triliun.

4. Bukalapak.

5 Startup Berpredikat Unicorn Indonesia 2020

Di posisi keempat terdapat Bukalapak yang menyandang gelar Unicorn. Seperti halnya Tokopedia, Bukalapak juga merupakan perusahaan rintisan yang fokus pada bidang e-commerce. Status Unicorn ini didapatkan Bukalapak setelah mendapatkan dana segar dari beberapa investor.

5. Ovo.

5 Startup Berpredikat Unicorn Indonesia 2020

Startup terakhir yang mendapatkan gelar Unicorn Indonesia adalah Ovo. Gelar ini didapatkan Ovo pada tahun 2019 ini. Ovo sendiri merupakan penyedia layanan pembayaran elektronik besutan Grup Lippo yang saat ini ditaksir memiliki valuasi sebesar 2,9 miliar dollar AS.

 

Perusahaan Unicorn Mampu Menciptakan Lebih Banyak Lapangan Pekerjaan

Bagi sebuah startup atau perusahaan rintisan, mendapatkan gelar Unicorn bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi dibalik kesulitan tersebut, perusahaan yang memiliki gelar Unicorn memiliki dampak dan manfaat sangat besar terhadap perekonomian Indonesia. Salah satu adalah mampu menciptakan lapangan pekerjaan lebih banyak.

5 Startup Berpredikat Unicorn Indonesia 2020

Keberadaan unicorn Indonesia tidak hanya menguntungkan secara bisnis saja, akan tetapi juga memberikan manfaat untuk masyarakat luas. Misalnya saja Gojek yang mampu memberikan lapangan pekerjaan sebagai driver kepada lebih dari 1 juta orang. Tak hanya itu, Tokopedia dan Bukalapak juga membuka kesempatan untuk para pelaku usaha baru sebagai mitra bisnisnya.

Itulah ulasan menarik seputar daftar startup yang masuk dalam jajaran Unicorn di Indonesia. Walaupun istilah unicorn mungkin masih asing untuk beberapa orang, akan tetapi keberadaan sebenarnya sangatlah dekat dan banyak memberikan manfaat. Maka dari itu, diharapkan Unicorn Indonesia terus berkembang dan bertambah sehingga lebih banyak lapangan pekerjaan yang bisa diciptakan.