4 Aplikasi Buat Aplikasi Android Sendiri dengan Mudah




Di jaman yang semakin maju ini, jangan cukup puas hanya dengan menjadi penggunaa aplikasi android saja, akan tetapi buatlah aplikasi dengan memanfaatkan aplikasi buat aplikasi android. Membuat aplikasi android sendiri memang tidak mudah, akan tetapi jika berhasil dan digunakan banyak orang, banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Aplikasi Buat Aplikasi Android Sendiri




Tidak bisa dipungkiri, saat ini jumlah aplikasi android sudah sangat banyak. Selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin beragam, banyaknya aplikasi android baru ini juga disebabkan mudahnya membuat aplikasi android sendiri. Sehingga semakin banyak orang yang akhirnya tertarik untuk menciptakan aplikasi buatan mereka sendiri.

Untuk bisa membuat satu buah aplikasi android, diperlukan aplikasi lainnya yang biasa disebut dengan IDE. Ini merupakan aplikasi sistem operasi yang sangat berguna jika ingin membuat aplikasi android. Nah jika Anda juga tertarik membuat aplikasi sendiri, berikut beberapa aplikasi buat aplikasi android sendiri yang bisa Anda coba.

 

Beberapa Aplikasi yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Aplikasi Android Sendiri

1. Android Studio

Salah satu aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi android sendiri adalah Android Studio. Ini merupakan IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan/merancang aplikasi berbasis android yang resmi dari google. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengembangkan aplikasi android menggunakan bahasa pemrograman Java, Kotlin dan C++.

2. Eclipse

Aplikasi buat aplikasi android sendiri selanjutnya adalah Eclipse. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java. Eclipse sendiri miliki sifat open source dan terdapat banyak plugin seperti android studio. Aplikasi ini juga telah mendapatkan dukungan penuh dari google sehingga semakin banyak yang menggunakan untuk membuat aplikasi android baru.

3. Xamarin

Xamarin juga merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi android sendiri. Aplikasi ini dikembangkan oleh Xamarin yang berfungsi untuk membuat aplikasi cross platform seperti android, iOs dan windows phone dengan menggunakan bahasa pemrograman C#. Menariknya dari aplikasi ini, tampilan antarmuka Xamarin bisa disesuaikan.

4. NetBeans

NetBeans merupakan IDE yang diperuntukkan untuk mengembangkan aplikasi buat aplikasi android dengan bahasa pemrograman Java, C++, PHP dan lainnya. IDE yang ada pada aplikasi ini bersifat open source. NetBeans sendiri dirilis oleh perusahaan Oracle dan jika ingin menggunakan IDE ini maka Anda harus menginstal JDK dan JRE terlebih dahulu.

 

Keuntungan Membuat Aplikasi Android Sendiri yang Perlu Anda Ketahui

Walaupun proses pembuatannya tidak mudah, akan tetapi jika berhasil membuat aplikasi android pastinya akan banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah bisa menjadi asset investasi digital yang sangat menjanjikan. Jika aplikasi yang Anda buat digunakan banyak orang, maka keuntungan bagi Anda akan semakin besar pula.

Selain keuntungan secara financial, keuntungan lain yang akan Anda dapatkan dengan memanfaatkan aplikasi buat aplikasi android sendiri ini adalah bisa memberikan manfaat bagi orang banyak. Tidak semua orang bisa membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan, maka dari itu jika Anda berhasil menciptakan aplikasi dari permasalah banyak orang, maka akan sangat besar jasa Anda.

Itulah ulasan menarik seputar cara membuat aplikasi android yang perlu Anda ketahui. Kemajuan teknologi memang membuat jenis aplikasi android semakin beragam. Akan tetapi dari semua aplikasi tersebut, mungkin ada yang belum menjawab kebutuhan Anda. Maka dari itu, jika ingin aplikasi sesuai dengan keinginan Anda, pakai aplikasi buat aplikasi android sendiri saja. Selain bermanfaat, membuat aplikasi android juga bisa mendatangkan keuntungan.