Review Apple MacBook Air [TERBARU]

MacBook Air 2019 merupakan MacBook Apple paling terjangkau dan paling portabel , saat ini memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan tahun 2018. Tetapi desain serta kualitas yang dimilikinya tetap sempurna hampir tidak ada kekurangan sedikit pun. Hal ini menjadikan MacBook Air di cintai oleh para pengguna Apple.

Apple MacBook Air 2019 2

Walaupun memiliki harga yang cukup tinggi para pengguna tetap menyukai dan ingin memiliki MacBook Air, karena pengguna menjadikan produk Apple sebagai investasi untuk mereka. Dengan harga yang cukup mahal produk Apple memiliki kegunaan serta fungsi yang sangat kompatibel.

 

Harga Apple MacBook Air

MacBook Air baru 2019 selain mendapatkan beberapa pembaruan dan penyegaran, harga yang dimilikinya pun mengalami penurunan, hal ini tentu akan menarik minat pengguna setia Apple untuk segera memilikinya. Untuk entry level MacBook Air dibandrol dengan harga 16 jutaan ($1.099).

Spesifikasi Apple MacBook Air:

  • CPU: 1.6GHz Intel Core i5-8210Y (dual-core, 4 thread, 4MB cache, 3.6GHz)
  • Grafik: Intel UHD Graphics 617
  • RAM: 8GB (2.133MHz LPDDR3)
  • Layar: 13,3 inci, 2,560 x 1.600 Retina True Tone display (LED backlit, IPS)
  • Penyimpanan: 256GB PCIe SSD
  • Port: 2x Thunderbolt 3 (USB-C), jack headphone 3.5mm
  • Konektivitas: 802.11ac Wi-F, Bluetooth 4.2
  • Kamera: webcam 720p FaceTime HD
  • Berat: 1,25kg (2,75 pon)
  • Ukuran: 11,97 x 8,36 x 0,61 inci

Mengenai konfigurasi MacBook Air (2019) memberi Anda prosesor 1.6GHz Dual Core Intel Core i5 generasi ke-8 dengan Turbo Boost hingga 3,6GHz, 8GB LPDDR3 RAM, penyimpanan 128GB dan Intel UHD Graphics 617.

Jika kurang puas dengan spesifikasi yang dimilikinya Anda juga dapat menggandakan penyimpanan pada 256GB yang akan dikenakan biaya 19 jutaan ($1.299). Namun peningkatan tersebut cukup menguras kantong Anda dan cukup membuat frustasi.

Untuk rentang harga yang cukup mahal MacBook Air 2019 memiliki ancaman dari pesaingnya laptop Windows yang memiliki bentuk lebih ramping dan kuat dari sebelumnya, selain itu Windows hadir dengan spesifikasi yang serupa atau bahkan lebih baik dan miliki harga yang sama.

 

Rancangan Apple MacBook Air

Apple MacBook Air 2019 5

Mengenai desain MacBook Air tidak banyak melakukan perubahan desain sama seperti MacBook Pro (2019) pendahulunya. Namun dengan hal demikian membuat para pengguna cukup kecewa karena pengguna mengaharapkan adanya sedikit pembaruan dari desain MacBook Air 2019.

Macbook Air merupakan laptop tipis yang memiliki dimensi 11,97 x 8,36 x 0,61 inci dan berat 1,25kg. Terlihat kecil mungil serta tetap ringan sehingga akan mudah dimasukan di tas atau ransel dan dibawa kemana pun Anda pergi.

Meskipun terlihat tipis dan ringan, laptop tersebut cukup kokoh dan kuat, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan penyok yang mungkin terjadi. MacBook Air terbuat dari Aluminum yang cukup kuat untuk menahan terjadinya penyok dibagian desain luar. Selain itu MacBook Air tetap mempertahankan desain dengan model tahun lalu yang terbuat dengan bahan murni Aluminium tanpa campuran Logam.

Mengingat karena memiliki desain ramping MacBook Air hanya dilengkapi dengan dua port Thunderbolt 3, hal ini cukup dianggap sebagai sesuatu yang mengecewakan. Selain itu Apple menempatkan kedua port di sisi kiri dan itu sangat membingungkan. Jika satu port diletakkan di masing-masing sisi, itu akan memberi Anda kemudahan saat mengisi daya MacBook Air. Sehingga Anda tidak perlu duduk di posisi tertentu dengan adaptor daya dicolokkan ke kiri laptop.

Perubahan yang cukup membuat bahagia bagi para pengguna Apple terjadi pada keyboard. MacBook Air terbaru sudah menggunakan keyboard Butterfly generasi ketiga yang telah disempurnakan dengan MacBook Pro tahun ini.

Penyempurnaan dari keyboard MacBook Air membuatnya memiliki kemungkinan kecil terjadinya kesalahan dalam pengetikan, penyempurnaan ini juga meningkatkan ke akuratan dan responsif dari keyboard.

 

Layar True Tone pada Apple MacBook Air

Apple MacBook Air 2019 3

Perubahan paling menojol dari MacBook Air terdapat pada layar berteknologi True Tone Apple. Layar True Tone Apple memiliki fitur yang dapat secara otomatis menyesuaikan suhu warna yang ditampilkan di layar. Untuk mengetahui perbedaannya Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan pengaturan.

Tampilan dari layar True Tone Apple memiliki layar Retina 13,3 inci dengan resolusi 2.560 x 1.600 dapat memunculkan warna yang detail dan cerah. Selain itu desain di sekitar layar memiliki bezel yang terlihat tipis dan membuat layar terlihat indah penuh dengan tampilan. Kualitas layar terbaik menjadi salah satu hal terbaik dari MacBook Air.

Jika Anda mengaharapkan perubahan dan peningkatan spesifikasi dari MacBook Air 2019, mungkin Anda akan merasa sedikit kecewa karena spesifikasi dari MacBook Air 2019 sama persis dengan model tahun 2018 dan tidak ada peningkatan kinerja yang signifikan.

MacBook Air 2019 sangat cocok digunakan untuk menyelesaikan kegitan sehari-hari dan tidak cocok untuk video editing atau bermain game yang berat, karena hanya dilengkapi dengan Dual-Core 1.6Ghz, Intel Core i5-8210Y, yang dapat meningkatkan Turbo hingga 3.6Ghz. Selain itu laptop ini didukung oleh RAM 8GB dan macOS (Sistem Operasi Apple) yang berjalan dengan baik dan sangat lancar.

Hanya menggunakan processor Dual-Core dalam mesin yang memiliki harga mahal, mengakibatkan MacBook Air merasa kekurangan tenaga dan terkesan sangat mahal, walaupun sudah terjadi penurunan harga tetapi tidak menimbulkan banyak perubahan.

 

Daya tahan baterai Apple MacBook Air

Hal yang mengagumkan dan dapat mengalahkan para pesaingnya adalah ketahanan baterai dari MacBook Air yang mampu bertahan 10 jam, jadi harga yang cukup mahal tersebut dapat dibayar dengan performa baterai yang sangat sempurna.

Melalui pengujian yang telah kami lakukan dengan menjalankan video 1080p loop dan layar diatur dengan kecerahan 50% daya tahan baterai mampu bertahan sampai 10 jam. Namun daya tahan baterai akan bergantung pada proses pemakaian yang Anda lakukan. Jika Anda menggunakan laptop untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan berat mungkin daya tahan baterai akan cepat terkuras dan tidak akan bertahan hingga 10 jam. Laptop tersebut sangat cocok digunakan oleh siswa yang membutuhkan laptop dengan daya tahan baterai yang dapat bertahan selama kuliah.

Namun perlu disayangkan MacBook Air memiliki kapasitas Internal yang rendah, sehingga Anda perlu mengorbankan beberapa pekerjaan Anda karena kinerja dari laptop tersebut.

Sebagai laptop yang memiliki harga cukup mahal, MacBook Air melakukan tugasnya dengan baik dalam menahan muatannya ketika ditempatkan ke mode tidur. Terjadi dimana saat Anda baru saja menutup MacBook Air dan mematikan macOS sepenuhnya. Pihak Apple mengklaim waktu siaga MacBook Air dapat bertahan hingga 30 hari.

Hampir dari semua laptop Windows ketika sedang diaktifkan mode tidur tetap menguras baterai. Itu sering terjadi ketika Anda tidak menggunakan laptop dan mengaktifkan mode tidur. Namun hal tersebut tidak akan terjadi pada MacBook Air 2019.

Daya tahan baterai merupakan hal yang paling membanggakan dari MacBook Air karena dengan desain ramping tetap memiliki baterai berkapasitas besar dan dapat bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *