Review Huawei Mate Xs

Huawei Mate Xs adalah ponsel lipat terbaru yang diproduksi oleh Huawei untuk meningkatkan seri Huawei Mate X, pada seri Mate Xs fitur serta desain engsel Falcon Wing ditingkatkan sehingga untuk membukanya menjadi lebih mudah dan ringan. Selain itu juga telah ditingkatkan daya tahan ponsel dengan kontruksi empat lapisan film poliamida.

Huawei Mate Xs 2

Sesuatu yang memukau pada Mate Xs telah menggunakan chipset Kirin 990 5G terbaru yang dibuat menggunakan teknologi 7nm+ dan merupakan satu-satunya chipset dengan modem 5G terintegrasi. Selain itu Mate XS menyediakan penyimpanan internal 512GB dan kapasitas RAM 8GB, dengan kapasitas tersebut sangat cukup untuk menyimpan berbagai file dan game yang Anda inginkan.

 

Harga Huawei Mate Xs

Mengenai tanggal rilis Huawei telah mengumumkan Mate Xs akan di rilis pada akhir Februari dan pre-order untuk ponsel tersebut diharapkan akan keluar pada pertengahan Maret hingga bisa sampai ke tangan konsumen.

Untuk bisa mendapatkan ponsel tersebut Anda perlu merogoh kocek cukup dalam, karena Mate Xs dibandrol dengan harga yang sangat mahal pada konfigurasi 8GB RAM dan penyimpanan internal 512GB memiliki harga sekitar 37 jutaan ( $ 2.746 ).

 

Desain dan tampilan

Huawei Mate Xs

Sejauh ini semua perangkat yang terlipat menyembunyikan layarnya pada bagian dalam, seperti pada Galaxy Fold, Galaxy Z Flip, dan Motorola Razr, namun pada Huawei memberikan gagasan baru dengan membuat layar utama yang menekuk keluar, sehingga layar dapat digunakan dalam keadaan terlipat dan tidak dilipat.

Ukuran layar OLED Mate Xs dalam keadaan dilipat adalah 6,6 inci seukuran layar ponsel yang Anda temukan pada sebagian ponsel berukuran besar. Selain itu layar Mate Xs memiliki resolusi 2480 x 1148 dan cukup cerah pada saat digunakan diluar ruangan.

Mate Xs memiliki bezel yang cukup tebal dibandingkan dengan ponsel terbaru lainnya, namun tidak ada kamera berlubang yang mengorbankan bezel ataupun layar.

Memiliki tampilan yang membentang 8 inci dengan resolusi 2480 x 2200 membuat Mate Xs sangat nyaman digunakan untuk menonton video YouTube maupun streaming film dan bermain game kesukaan Anda. Sejauh ini Mate Xs merupakan ponsel dengan tampilan layar lipat keluar yang terbaik dan memiliki resolusi yang cukup sempurna.

Daya tarik lain dari ponsel Mate Xs adalah tampilan lipatan layarnya yang sangat mengagumkan karena lipatan di tengah layar lebih terlihat mulus, sehingga tidak akan mengganggu pandangan Anda saat menggunakan ponsel tersebut.

 

Rancangan

Huawei Mate Xs 4

Karena memiliki layar yang dapat dilipat tidak heran jika Huawei Mate Xs terlihat kokoh dan berat, berat tersebut akan terasa saat Anda mengoperasikan ponsel menggunakan satu tangan dalam waktu yang cukup lama.

Untuk sebelah kiri Matte Xs adalah bagian yang paling berat dan tebal pada ponsel tersebut, pada bagian sebelah kiri merupakan dimana komponen-komponen Mate Xs diletakkan. Huawei telah menghasilkan desain yang cerdas karena pada tepi kiri ini tidak menampung semua komponen dan kamera.

Walaupun memiliki berat yang cukup besar, namun Mate Xs adalah ponsel yang tipis dengan ketebalan hanya 5.5mm, yang memungkinkannya untuk dilipat dan menjadi suatu ponsel yang tebalnya sekitar 11 mm.

Selanjutnya pada bagian kanan ponsel terdapat tombol volume dan tombol daya yang dilengkapi dengan sensor sidik jari. Letak posisi tombol daya sedikit lebih tinggi dan mudah untuk dijangkau, lalu dari pengujian yang telah dilakukan kecepatan dan keakuratan sensor sidik jari sangat mengesankan.

Pada bagian kanan bawah ponsel memiliki konektor USB Type-C, tetapi pada Mate Xs tidak memiliki jack 3.5mm, sebagai gantinya Huawei menyatukan headphone USB Type-C didalam kotak. Lalu di tepi atas terdapat baki SIM ganda hybrid yang dapat memuat dua kartu SIM berukuran nano atau satu kartu SIM dan satu jenis kartu memori NM.

 

Perangkat lunak

Perlu Anda ketahui pada ponsel baru Huawei tidak dilengkapi dengan Layanan Seluler Google (RUPS) karena pembatasan oleh Pemerintah AS. Dengan adanya pembatasan tersebut Huawei kini telah memulai membangun kerangka kerjanya sendiri (Huawei Mobile Services) yang akan menggantikan Google Play Store dengan galeri Aplikasi yang baru.

Karena tidak memiliki Google Play Store pada Mate Xs Anda tidak dapat menemukan Youtube, Gmail, atau Chrome dan juga aplikasi chat populer lainnya seperti Snapchat, facebook, instagram dan WhatsApp.

Selanjutnya Aplikasi bawaan dari Huawei memanfaatkan kelebihan dari kondisi tampilan yang tidak dilipat seperti pada aplikasi Mail dan Notes yang tampilannya menjadi dua panel seperti pada Desktop.

Proses Multi-tasking pada Mate Xs berjalan dengan baik di mana Anda dapat menarik aplikasi panel samping dan menampilkan dua layar secara berdampingan dengan masing-masing aplikasi memiliki ukuran yang sama. Selain itu aplikasi ketiga juga dapat ditampilkan sekaligus sehingga memungkinkan Anda untuk mengerjakan tiga hal secara bersamaan.

 

Kamera

Huawei Mate Xs 3

Selain memiliki desain yang menakjubkan Mate Xs terdiri dari tiga kamera, kamera utama merek Leica berukuran 40MP, f/1.8 dengan sensor RYYB yang mampu mengambil bidikan cahaya rendah yang luar biasa.

Kemudian pada kamera utama terpasang kamera telefoto berukuran 8MP f/2.4 yang diperbaiki pada 52mm dan modul kamera ultra-lebar 16MP f/ 2.2 17mm. Kamera yang terpasang pada ponsel Mate Xs hampir sama dengan semua ponsel Flagship lain tetapi tidak sebaik pada Huawei Mate Xs.

Melalui beberapa kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak, ponsel tersebut dapat mengambil foto hingga 30x zoom dan video hingga 10x zoom. Namun untuk mendapatkan kualitas foto dan rekaman terbaik disarankan untuk tetap maksimum 10x zoom pada foto dan 5x zoom pada video.

 

Performa dan daya tahan baterai

Huawei Mate Xs 1

Untuk dapur pacu Huawei Mate Xs telah disematkan chipset terbaru Kirin 990 yang berbasis 7nm+ dengan kapasitas RAM 8GB dan penyimpanan 512GB, kecepatan kinerja dari ponsel ini sudah tidak perlu Anda ragukan lagi, namun sangat disayangkan Mate Xs belum memiliki kapasitas RAM 12GB seperti pada Samsung Galaxy S20 Ultra.

Selanjutnya chipset Kirin 990 yang telah terpasang memiliki modem 5G terintegrasi yang mendukung beberapa jaringan 5G. Sehingga untuk proses browsing ataupun bermain game akan terasa lebih lancar dan ngebut.

Sektor baterai pada Mate Xs dilengkapi dua baterai yang berkapasitas 4.500mAh yang dapat bertahan cukup baik pada saat pengujian, dan mampu bertahan seharian tanpa pengisian daya.

Dengan memiliki kapasitas baterai yang terbilang cukup besar Huawei Mate Xs didukung dengan pengisi daya sebesar 55W, dapat mengisi daya dengan cepat tanpa harus menghabiskan banyak waktu. Tetapi kesalahan terburuk pada Mate Xs tidak mendukung pengisian daya nirkabel, namun dengan desain layar yang membungkus bagian belakang tidak memungkinkan pengisian daya nirkabel dapat dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *