Waduh, Nasib YouTuber Terancam Semenjak Munculnya YouTube Premium

Youtube secara resmi telah meluncurkan fitur baru yang bernama YouTube Premium, lalu bagaimana nasib para Youtuber selanjutnya? Pengumuman tersebut di resmi dikeluarkan oleh Google pada 6 November 2019.

Nasib YouTuber Terancam! Semenjak Munculnya YouTube Premium

Mengutip dari laman Tekno Kompas bahwa pihak YouTube masih akan memberikan “sebagian pendapatan” secara adil dari tagihan yang telah dibayarkan oleh para pemilik akun YouTube Premium, kepada para YouTuber yang telah berhasil di tonton videonya.

Sebelum kita membahas bagaimana nasib para kreator konten yang sudah terlanjur banyak menikmati pundi-pundi uang dari video yang mereka unggah ke YouTube, secara sekilas kita akan sedikit mengulas tentang YouTube Premium.

 

Fitur dan Keunggulan Youtube Premium

Untuk kawasan negara Indonesia sendiri, Youtube Premium dibanderol dengan harga Rp. 59.000 per bulan. Harga tersebut tidaklah sama untuk beberapa negara lainnya seperti di Singapura, Malaysia, Thailand dan lain sebagainya. Sebab menurut Google, harga berlangganan Youtube Premium di tiap-tiap negara memang tidak sama alias berbeda-beda. Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai fitur dan keunggulan Youtube Premium :

 

1. Uji Coba Gratis Selama 3 Bulan

Nasib YouTuber Terancam! Semenjak Munculnya YouTube Premium

Bagi para pemilik kartu kredit, bisa langsung menikmati layanan fasilitas menggunakan Youtube Premium secara gratis selama 3 bulan, yang selanjutnya pengguna diharuskan membayar secara penuh di tiap bulan jika ingin meneruskan berlangganan Youtube Premium.

Adapun pengguna yang tidak memiliki kartu kredit, bisa juga menikmati fasilitas ini jika saldo di wallet Google Play mencukupi untuk melakukan pembayaran sebesar Rp. 59.000. Pembayaran bisa juga dilakukan dengan menggunakan pulsa kartu GSM/CDMA, seperti biasanya jika ingin berbelanja produk-produk yang dipasarkan pada Google Play Store.

 

2. Fitur Video Bebas Iklan

Nasib YouTuber Terancam! Semenjak Munculnya YouTube Premium

Sebagian orang menganggap iklan-iklan yang bermunculan disaat sedang menonton video di aplikasi Youtube sangatlah “mengganggu”. Nah, inilah yang dijadikan sebagai bahan jualan oleh pihak Google, bahwa setiap pelanggan Youtube Premium dijamin akan terbebas dari segala bentuk iklan saat menonton video di aplikasi tersebut.

Belum ada keterangan resmi, apakah iklan-iklan produk milik Google, seperti Google Drive, Gmail, Google Adsense dan lain-lain, juga tidak akan muncul di Youtube Premium. Sebab bukan rahasia umum lagi jika Google sangatlah monopolistik terhadap software atau aplikasi yang mereka ciptakan sendiri.

 

3. Gratis Fitur YouTube Music Premium

Nasib YouTuber Terancam! Semenjak Munculnya YouTube Premium

Ada dua kemungkinan Google memberikan pemakaian fitur YouTube Music Premium secara gratis kepada para pelanggan Youtube Premium. Pertama, aplikasi YouTube Music Premium kurang begitu diminati pasaran sehingga harus dilakukan bundling dalam penjualannya agar Google tidak merugi secara bisnis.

Kedua, merupakan strategi marketing yang dilakukan oleh Google sebagai pemikat kepada para calon pengguna agar mau beramai-ramai berlangganan YouTube Premium. YouTube Music Premium adalah aplikasi pemutar musik milik Google yang dirilis untuk menyaingi keberadaan Spotify.

 

4. Terdapat Layanan Paket Keluarga Untuk 5 Orang

Nasib YouTuber Terancam! Semenjak Munculnya YouTube Premium

Setiap pelanggan YouTube Premium diperbolehkan untuk mendaftarkan 5 orang anggota keluarganya guna menikmati layanan YouTube Premium dan YouTube Music Premium dengan syarat; Semua anggota keluarga harus berusia 13 tahun ke atas, memiliki akun Google (Gmail), dan tinggal di rumah yang sama.

Jika di Indonesia, persyaratan ini bisa menjadi peluang untuk berlangganan Youtube Premium secara murah. Masing-masing anggota keluarga cukup membayar Rp. 11.800 per bulan, jika dikalikan 5 orang sudah cukup untuk membayar biaya langganan Youtube Premium sebesar Rp. 59.000 per bulan.

 

5. Terdapat Layanan Paket Mahasiswa

Nasib YouTuber Terancam! Semenjak Munculnya YouTube Premium

Google menjelaskan dalam laman resminya bahwa akan ada diskon yang ditawarkan kepada pengguna Youtube Premium. Namun tidak dijelaskan dengan rinci berapa persen nilai diskon tersebut. Hanya saja diskon untuk kalangan mahasiswa di tiap negara tidaklah sama. Google akan kembali meninjau kelayakan paket berlangganan tersebut di tahun ke 4. Maksudnya, apakah pada tahun ke 4 si pelanggan masih berstatus mahasiswa atau tidak. Jika tidak, maka paket diskon akan dihapus dan pengguna dikenakan biaya normal untuk berlangganan Youtube Premium.

 

6. Proses Pembayaran Mudah

Nasib YouTuber Terancam! Semenjak Munculnya YouTube Premium

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, untuk membayar biaya berlangganan Youtube Premium bisa dilakukan melalui saldo Google Play Store, Pulsa Kartu GSM/CDMA dan layanan kartu kredit.

 

Bagaimana Nasib Para Youtuber Setelah Munculnya YouTube Premium?

Google sudah menjelaskan bahwa pihaknya tetap akan melakukan pembayaran kepada para kreator konten yang mengunggah videonya ke YouTube. Mengutip informasi yang dirilis oleh Kompas, bahwa pembayaran tersebut sifatnya “hanya sebagian” dan tetap akan dibagikan secara adil, namun tidak dijelaskan mengenai prosentase pembagian uangnya.

Nasib YouTuber Terancam! Semenjak Munculnya YouTube Premium

Lagi-lagi Google sebagai “rajanya monopoli internet” telah menunjukkan kekuatan tangan besinya. Dengan kata lain, YouTuber tetap bisa menghasilkan uang, namun tidak sebanyak seperti sebelumnya.

Menurut pendapat saya secara pribadi, sebagai orang Indonesia yang memiliki “jiwa dan semangat +62”, janganlah terlalu dipikirkan terkait sudah dirilisnya YouTube Premium.

Alasannya simple, mayoritas orang-orang Indonesia yang memiliki jiwa dan semangat +62 tidak begitu suka dan familiar dengan yang namanya aplikasi berbayar, kecuali beberapa Aplikasi Games. Orang Indonesia lebih suka dengan yang namanya serba gratis dan mendapatkan bonus!

Walaupun iklan berseliweran di sela-sela menonton video di YouTube, masyarakat Indonesia akan tetap santai dan tenang-tenang saja. Toh iklan hanya berjalan maksimal 4 – 5 detik saja dan tinggal di klik tulisan “lewati iklan” hehehe…

Jangankan membayar YouTube Premium, jika pulsa dan paket data internet habis, kebanyakan orang-orang masih punya akan bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan WiFi secara gratis bukan?