[update] 10 Panduan Terlengkap Jualan Online Di Instagram

Sudah ada banyak orang yang melakukan jualan online di Instagram, namun tidak semua orang yang berjualan tersebut berhasil menuai keuntungan. Jangankan keuntungan, untuk bisa laku saja sudah bersyukur.

Seperti halnya jika ingin panen padi, semuanya harus diawali dari sebuah metode yang benar dan waktu yang tidak sebentar agar seorang petani dapat menuai padi dengan hasil panen yang melimpah.

Panduan Jualan Online Di Instagram
Sumber Foto : Pixabay

Begitu juga jika ingin menuai hasil melimpah dari jualan online di Instagram, juga harus melewati fase dan proses yang tidak sebentar. Selanjutnya secara menyeluruh akan disajikan panduan terlengkap untuk berjualan online di Instagram yang dibagi ke dalam beberapa sub pokok bahasan, yaitu :

1. Optimasi Target Jualan dan Brand
2. Optimasi Akun Instagram
3. Pahami Cara Kerja Algoritma Instagram
4. Optimasi Followers di Instagram
5. Cara Editing atau Membuat Gambar di Instagram
6. Cara Update Konten di Instagram yang Benar
7. Pahami Kebutuhan Followers di Instagram
8. Manfaatkan Fitur Instastory
9. Tingkatkan Interaksi Dengan Pelanggan
10. Pasang Iklan di Instagram Ads

Siapkan kopi atau teh, dan mari kita mulai membahasanya satu demi satu cara jualan online di Instagram dengan lengkap.

 

Optimasi Target Jualan dan Brand

Ada sebanyak 56 juta orang pengguna Instagram di Indonesia. Kaum milenial menempati rangking terbanyak sebagai penggunanya, yaitu sebanyak 75% dari 56 juta orang tersebut. Dengan demikian sudah dapat ditentukan apa yang bisa dijual bukan? Ya benar. Lakukanlah penjualan produk-produk yang digemari oleh kaum milenial, setidaknya cara berjualannya harus menggunakan cara-cara milenial.

Panduan Jualan Online Di Instagram
Sumber Foto : Akun Instagram @cushyjogja

Lihatlah contoh caption yang dibuat dengan gaya milenial oleh sebuah toko cake bernama @cushyjogja milik Ria Yunita atau Ria Ricis ini. Sebelum tenar di Youtube, dirinya adalah seorang penjual cake di Yogyakarta. Sampai dengan sekarang masih sering kebanjiran order karena pintarnya mengelola instagram.

Cake buatan @cushyjogja adalah makanan klasik, namun karena dipromosikan dengan cara-cara milenial, banyak juga para pembeli yang rela merogoh koceknya untuk sekedar membeli sekotak cemilan yang umumnya adalah para remaja dan mahasiswi di sekitaran kota Yogyakarta. Itulah targetnya, remaja dan mahasiswi di Yogyakarta.

Brand atau merek dagang haruslah yang mudah diingat oleh orang lain. Gunakanlah nama dan logo yang unik. Silahkan lakukan pencarian dengan mengetikan sebuah nama di mesin pencari, siapa tahu ide nama yang telah ditentukan justru sudah ada yang menggunakan. Jika sudah ada penggunanya, maka harus menemukan nama lainnya untuk dijadikan brand jualan.

Buatlah sebuah logo yang dapat menggambarkan jenis produk yang akan dijual di Instagram. Hindari pemakaian bentuk dan warna yang berlebihan. Perlu diingat bahwa nilai profesionalitas sebuah brand yang melakukan penjualan di Instagram juga terletak dari logo yang dijadikan foto profil.

Panduan Jualan Online Di Instagram
Sumber Foto : Freepik

Sebagai sumber inspirasi dalam pembuatan logo, kamu bisa melihat beberapa desain logo yang disajikan oleh Freepik secara gratis. Kamu dapat menggunakan salah satu property milik Freepik sebagai logo brand dagang, tentunya yang diperbolehkan adalah desain-desain yang bersifat gratisan, atau bisa juga mendapatkan yang versi premium jika kamu ingin merogoh sedikit uangmu.

Gunakanlah software seperti Adobe Illustration, Photoshop atau Coreldraw untuk melakukan sedikit pengeditan terkait warna atau bentuknya. Jika tidak bisa, minta tolong kepada jasa desain grafis, teman atau tetangga kamu yang pintar menggunakan software pengolah gambar. Intinya logo brand harus nampak profesional.

 

Optimasi Akun Instagram

Hindari penggunaan logo milik orang lain sebagai foto profil. Begitu juga dengan penggunaan foto pribadi juga harus dihindari. Jika kamu tidak ingin kehilangan akun pribadi, maka disarankan untuk memiliki email baru guna pembuatan akun Instagram yang baru, yang khusus untuk berjualan. Gunakanlah logo yang tadi sudah dibuat sebagai foto profilnya.

Panduan Jualan Online Di Instagram
Sumber Foto : Akun Instagram @cushyjogja

Lengkapi data yang bisa dihubungi dan bubuhkan beberapa kata yang menggambarkan keunggulan produk yang ingin dijual di Instagram. Jika ingin pelanggan langsung menghubungi kamu melalui aplikasi WhatsApp, bisa juga dicantumkan link nomor WhatsApp kamu ke dalam kolom bio yang dibuat. Cara mencantumkan link nomor WhatsApp sangat mudah dilakukan, dan kelebihannya adalah sangat cepat dalam merespon komunikasi yang dibangun oleh calon konsumen.

 

Pahami Cara Kerja Algoritma Instagram

Agar produk jualan online bisa laris manis di Instagram, maka harus dipahami bagaimana cara kerjanya. Algoritma Facebook jauh berbeda dengan yang ada di Instagram untuk urusan berdagang online.

Panduan Jualan Online Di Instagram
Sumber Foto : Pixabay

Saya tidak akan menjelaskan secara detail apa perbedaannya, namun yang terpenting adalah bagaimana caranya agar post / caption yang dibuat di Instagram dapat dibaca oleh orang banyak, sekalipun itu bukan followers. Begini cara kerjanya:

1. Jika kita melakukan posting, yang pertama kali melihat adalah para followers.
2. Jika yang diposting tersebut adalah sesuatu yang menarik, maka secara otomatis sistem Instagram akan memulai penilaian terhadap postingan yang baru saja dibuat.
3. Jika performa dan penilaiannya bagus, maka postingan akan dimunculkan pada kolom pencarian hastag (#).
4. Jika masih bagus dan banyak yang suka, maka secara otomatis akan muncul di halaman explore, tanpa harus mengetikkan kata kunci.
5. Disitulah sumber followers akan bertambah secara organik tanpa menggunakan tools apapun.

 

Optimasi Followers di Instagram

Ingat kembali konsep menanam padi di awal artikel ini, bahwa untuk mendapatkan hasil yang diinginkan prosesnya harus dilalui dan waktunya juga tidak bisa instant. Direkomendasikan untuk tidak menggunakan tools auto follow bahkan teknik follow – unfollow untuk menambahkan jumlah followers di Instagram.

Panduan Jualan Online Di Instagram
Sumber Foto : Akun Instagram @cushyjogja

Berikut ini adalah trik agar jumlah followers kamu meningkat secara organik dan aman serta tidak melanggar ketentuan Instagram :
1. Hindari tehnik repost dari akun orang lain
2. Buatlah konten yang menarik disesuaikan dengan produk jualanmu
3. Konsisten dalam melalukan posting di Instagram, 3 atau 4 kali dalam sehari
4. Terus berinteraksi dengan orang-orang pada baris komentar atau DM
5. Jangan gunakan tehnik follow – unfollow
6. Hindari penggunaan tools auto follow
7. Manfaatkan Instastorys

Sebagai contoh lihatlah bagaimana cara @cushyjogja melakukan posting di Instagram. Tehniknya sudah sesuai dengan 7 point yang disebutkan di atas.

 

Cara Editing atau Membuat Gambar di Instagram

Ingat, konsep dasar dibangunnya Instagram adalah sebagai media sosial untuk saling berbagi foto, bukan untuk media jualan. Semakin bagus foto yang dibagikan, maka akan semakin menarik minat orang lain untuk melihatnya. Bisa juga kamu membagikan video, namun hanya dengan durasi maksimal selama 1 menit.

Ada dua konsep dalam melakukan editing gambar atau foto untuk diupload ke Instagram. Direkomendasikan yang familiar dengan orang-orang Indonesia, seperti Coreldraw dan Photoshop.

Panduan Jualan Online Di Instagram
Sumber Foto : Akun Instagram @vanillahijab

Konsep pertama, jika murni hanya berupa foto saja, maka software yang bagus untuk digunakan adalah photoshop. Ada banyak hal yang bisa digunakan dalam menggunakan tools di Photoshop untuk mendukung foto promosi produk. Pengambilan gambar bisa menggunakan kamera DSLR atau smartphone biasa, asal hasilnya bagus.

Panduan Jualan Online Di Instagram
Sumber Foto : Akun Instagram @cushyjogja

Konsep selanjutnya adalah penggabungan antara foto dan gambar / tulisan vektor. Sebetulnya ini bisa saja dilakukan menggunakan Photoshop, namun hasilnya tidak bisa sebagus jika menggunakan Coreldraw. Buatlah semenarik mungkin tanpa menghilangkan maksud dari foto yang diupload.

 

Cara Update Konten di Instagram yang Benar

Waktu terbaik untuk melakukan update konten di Instagram adalah dimulai pukul 7 pagi sampai dengan 5 sore. Bagilah ke dalam 3 atau 4 kali posting. Kenapa maksimal harus 4 posting? Setidaknya butuh waktu 2 jam dalam tiap postingan, agar mesin Instagram dapat mengindeks konten tersebut ke dalam halaman explore. Selain itu, juga tidak ada follower yang selama sepuluh jam kerjanya hanya fokus memandangi beranda Instagram kamu bukan? Kuncinya 3 post untuk konten menarik non-produk dan 1 post untuk konten promo jualan produk.

Panduan Jualan Online Di Instagram

Jika ingin melakukan update di Instastorys, gunakanlah size gambar dengan dimensi 1080×1920 piksel. Jika ingin melakukan update konten pada feed, gunakanlah foto atau gambar dengan dimensi 1080×1080 piksel (1×1) atau bisa juga dengan dimensi 1080×1350 piksel (4×5) sesuai dengan aturan yang diberikan oleh Instagram. Jika lebih dari ukuran tersebut, maka hasil foto akan terpotong, dan jika kurang dari ukuran maka hasil postingan akan pecah dan tidak jelas.

Setiap dua pekan sekali buatlah sebuah konten untuk memberikan tantangan berhadiah kepada followers. Ini penting, dan dapat menjadi jalan untuk menambah jumlah followers. Orang Indonesia itu suka yang gratisan dan suka bonus. Untuk mencari sumber inspirasi terkait konten yang ingin dibuat, lakukan pencari di beberapa website yang disesuaikan dengan produk dan karakter para followers.

 

Pahami Kebutuhan Followers di Instagram

Bertambahnya jumlah followers bukan karena produk yang dijual, tapi karena adanya nilai manfaat dari setiap konten yang diupload pada akun Instagram tersebut.

Panduan Jualan Online Di Instagram
Sumber Foto : Akun Instagram @cushyjogja

Dengan melakukan post foto / video yang menggambarkan kehidupan pribadi para followers, maka akan dengan sendirinya kamu dibutuhkan oleh mereka. Nilai-nilai solusi atas sebuah permasalah, menebar kedamaian, membagikan saran atau panduan, membagikan file gratis, memberikan hadiah atau bonus merupakan bentuk value yang sangat bisa dijadikan alat untuk menambah jumlah followers.

Jika kamu tidak menjangkau non-followers, maka bisnismu akan sulit berkembang. Buat juga sesuatu yang bisa disharing dan dibicarakan oleh orang lain.

 

Manfaatkan Fitur Instastory

Untuk menambah omset penjualan dan meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bisnis yang sedang kamu rintis, ada baiknya menggunakan fitur Instastory yang ada di dalam aplikasi Instagram. Mengapa demikian?

Panduan Jualan Online Di Instagram
Sumber Foto : Akun Instagram @cushyjogja

Selain tidak dapat diberi like serta komentar, kelebihan lain dari Instastory adalah foto yang diunggah akan hilang dengan sendirinya dalam 24 jam. Ini sangat bermanfaat jika kamu ingin menerapkan konsep diskon atau give away dengan tempo 24 jam untuk memasarkan produk jualanmu di Instagram.

Walapun tidak dapat diberi like dan komentar, justru oleh Instagram orang yang melihat story buatanmu akan diarahkan untuk mengirim pesan secara langsung. Pelanggan sangat senang dengan respon cepat yang diberikan oleh pengunggah. Selain itu kamu juga dapat mengetahui siapa saja followers yang benar-benar tertarget dengan produk jualanmu.

 

Tingkatkan Interaksi Dengan Pelanggan

Pelanggan adalah aset dalam sebuah bisnis. Tidak ada pelanggan bagaimana bisa sebuah produk bisa terjual? Untuk itu diperlukan adanya sebuah perlakuan khusus lebih dari siapapun kepada para pelanggan.

Panduan Jualan Online Di Instagram
Sumber Foto : Pixabay

Interaksi dengan seorang pelanggan sangatlah penting untuk sukses berjualan di Instagram. Yang harus kamu lakukan untuk dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan adalah sebagai berikut :
1. Konsisten update konten, sekali lagi konsisten.
2. Gunakan sticker story, bisa berupa kuis, polling, dan lain-lain
3. Gunakan hastag yang relevan
4. Respon semua komentar dan pesan yang masuk secara cepat
5. Interkasi dengan follower minimal 30 menit sebelum melakukan post

Lebih mudahnya, jadikan akun di Instagram milikmu selain sebagai tempat untuk berjualan, juga dapat dijadikan sebagai sumber solusi dan sumber informasi bagi banyak orang.

 

Pasang Iklan di Instagram Ads

Bedasarkan informasi yang dilansir oleh Instagram melalui laman resmisnya, disebutkan bahwa ada beberapa jenis iklan yang bisa digunakan dan dipasang melalui platform Instagram. Jenis iklan tersebut adalah iklan cerita (story), iklan 1 foto, iklan 1 video, iklan dengan banyak foto sekaligus (carousel), iklan koleksi, dan iklan jelajah (halaman explorer).

Diperlukan foto atau video dengan kualitas yang sangat bagus jika ingin memasang iklan di Instagram. Sebab yang ditampilkan sebagai fokus utamanya bukanlah teks atau tulisan, melainkan visual dari iklan tersebut.

Panduan Jualan Online Di Instagram
Sumber Foto : Pixabay

Gunakanlah kombinasi software desain grafis dalam membuat foto yang akan dijadikan visual utama dalam pemasangan iklan di Instagram. Sesuaikan juga budget yang kamu miliki untuk beriklan disana.

Cara membuat iklan di Instagram Ads juga sangat mudah untuk dilakukan. Kamu juga bisa menentukan sendiri audiens dan lokasi target untuk iklan yang ingin dipasang.

Memasang iklan di Instagram hanya sebagai media pendukung dari post dan interaksi yang sudah kamu bangun dengan pelanggan. Kesimpulannya, jika kamu bisa memahami algoritma Instagram, konsisten melakukan post sesuai dengan rule yang sudah dibahas di atas dan mampu menjaga interaksi dengan fast respon, maka tinggal menunggu waktu saja, jualanmu akan suskse di Instagram.

Selamat Berjuang Untuk Sukses Jualan Online Di Instagram!!