Review Honor 9X

Smartphone Honor 9X baru saja dirilis guna meneruskan versi sebelumnya Honor 9X Pro, versi yang lebih baru dari tipe smartphone X banyak mendapatkan peningkatan di beberapa aspek.

2020 Honor 9X 2

Honor 9X dilengkapi chipset terbaru, serta case belakang yang tidak menggunakan bahan plastik melainkan sudah memakai bahan kaca, dan sensor sidik jari yang ditempatkan bukan lagi dibelakang melainkan terpasang disamping.

 

Desain dan Tampilan Honor 9X

Untuk smartphone yang terjangkau, Honor 9X memiliki layar yang cukup besar 6,6 Inci, serta memiliki resolusi layar 1080 x 2340 merupakan layar dengan tampilan yang cukup tajam, tetapi beberapa orang kurang nyaman dan beranggapan LCD pada Honor 9X berkualitas rendah dari pada layar berbasis OLED yang populer, karena memiliki penampilan hitam yang relatif buruk dan kualitas warna yang terlihat biasa.

Tetapi sebenarnya Honor 9X memiliki salah satu layar LCD berkualitas terbaik, dengan warna yang tampak lebih populer dari pada pesaing lainnya. Berkat kamera depan Honor 9X telah mengunakan fitur Pop-Up sehingga kamera dapat muncul dari atas smartphone, membuat Honor 9X tidak memiliki tonjolan.

Ponsel ini memiliki desain cukup besar berukuran 197gr yang terasa sedikit berat, lalu perlindungan layar mengunakan Corning Gorilla Glass dibagian depan dan belakang. Selain itu sensor sidik jari dibagian belakang lebih tinggi dibandingkan dengan Smartphone pada umumnya untuk ukuran tangan yang mungil agak susah untuk menjangkau sensor sidik jari Honor 9X.

Untuk sektor kamera depan memiliki desain persegi yang cukup konvesional saat Pop-up, tetapi fitur Pop-up membutuhkan waktu sedikit lebih lama, lalu dibagian tepi kanan Honor 9X terdapat tombol volume dan tombol power, dan bagian bawah ada port USB-C yang membuat pengisian daya jauh lebih cepat ada juga tersedia jack headphone 3.5mm.

Selanjutnya desain Honor 9X memiliki pola pada bagian belakang yang berbentuk X , hampir mirip seperti Honor View 20 yang memiliki pola berbentuk V dibagian belakang, dengan sentuhan desain yang menawan membuat Honor 9X terlihat jauh lebih berbeda, namun desain yang dimilikinya membuat sidik jari mudah kotor oleh bekas tempelan sidik jari Anda.

 

Baterai Honor 9X

2020 Honor 9X 5

Honor 9X ini memiliki kapasitas daya sebesar 4000 mAh, yang sesuai dengan smartphone dikelasnya dan mampu bertahan seharian dalam pemakaian normal. Namun sangat disayangkan Honor 9X tidak memiliki teknologi pengisian cepat seperti beberapa smartphone Honor lainnya, maka dari itu butuh waktu lebih dari 2 jam untuk mengisi penuh baterai Honor 9X.

 

Kamera Honor 9X

2020 Honor 9X 1

Karena produk Honor adalah bagian dari perusahaan Huawei sehingga memiliki kamera yang cukup bagus, namun hal ini tidak berlaku untuk Honor 9X karena foto yang dihasilkan lebih terasa “ baik “ dari pada “ hebat”.

Terdapat tiga buah kamera belakang pada Honor 9X, kamera utamanya berukuran 48MP yang digabung dengan kamera sensor 8MP dengan lensa Ultra Wide Angle, lalu tersedia kamera bantuan dengan resolusi 2MP untuk memperoleh bidikan yang lebih baik. Hasil dari bidikan kamera utamanya terlihat cerah dan detail karena ditangkap dengan cukup baik.

Untuk kamera Ultra Wide Angle pada Honor 9X memiliki beberapa masalah terdapat bercak disetiap sisi hasil foto Ultra Wide Angle, yang terlihat sedikit aneh dan hasil tampak lebih gelap dari mode standar. Namun semua masalah tersebut tidak terlalu berarti, karena hasil dari kamera Ultra Wide Angle benar-benar memiliki banyak warna.

Selain itu terdapat kamera 2MP yang membantu proses pemotretan guna menciptakan latar belakang yang akurat, namun pada Honor 9X tidak memiliki lensa telefoto yang biasanya umum terdapat dikamera ganda smartphone.

Hasil potret yang diambil menggunakan zoom terlihat cukup bagus, tetapi fitur zoom max yang dimilikinya tidak bekerja secara maksimal, ada beberapa fitur dan mode tambahan dikamera Honor 9X untuk meningkatkan hasil potret.

Fitur tambahan pertama adalah mode malam atau night mode yang mampu mengambil gambar dalam cahaya redup, namun night mode Honor 9X terasa sedikit berlebihan dikarenakan pembaharuan perangkat lunak yang kurang optimal, berikutnya mode fotografi AI adalah mode yang dioptimalkan sesuai kenginan pengguna layaknya kamera DLSR yang menjadikan hasil gambar terbaik.

Terdapat pilihan pengaturan kualitas perekaman video di Honor 9X yaitu 720p/30fps, 1080p/30fps dan 1080p/ 60fps. Tidak tersedia kualitas 4K di perekaman video Honor 9X.

Selanjutnya kamera depan Honor 9X memiliki rasio 16MP, namun terdapat masalah dari hasil jepretan kamera ini warna yang dihasilkan terlihat pudar dan kecerahan cukup tinggi sehingga hasil gambar sedikit pucat. Ada berbagai efek yang disediakan pada kamera depan Honor 9X, salah satunya Stage Lighting yang memberikan hasil potret latar belakang hitam sempurna dan tampak artistik, lalu tersedia beberapa mode manipulasi cahaya dibagian latar belakang untuk membuat pola.

 

Spesifikasi Honor 9X

2020 Honor 9X 3

Honor 9X menjalankan sistem operasi Android 9, yang bukan merupakan versi terbaru dari sistem Google, dengan tampilan warna ikon yang semuanya terlihat menarik dan memiliki warna cerah.

Namun sangat disayangkan Honor 9X hadir dengan banyak aplikasi yang dimuat sebelumnya dan terasa tidak berguna lalu secara umum smartphone tersebut sedikit mengalami kesuliatan untuk membuat atau menerima panggilan, terhubung ke internet, dan mengakses data. Selain itu Honor 9X memiliki aplikasi GPS yang terasa sedikit tidak akurat, tetapi hal tersebut dianggap bukan sebagai masalah utamanya.

 

Performa Honor 9X

 

2020 Honor 9X 4

Smarthpone Honor 9X dibekali chipset Kirin 710F dan merupakan smartphone dari seri mid-range. Tetapi kinerja yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan Honor tipe X tahun lalu, ketika melalui tes Benchmark pada Geekbench 4, Honor 9X mendapatkan sekor multi-core 5.246, yang bisa dibilang lebih rendah dari Honor 8X yaitu sekitar 5.552.

Namun secara umum Honor 9X memiliki performa tidak terlalu lambat untuk pemakaian normal seperti menggulir sosial media, browsing di Internet dan berselfie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *