Alasan Uji Coba Software Terbaru Sebelum Digunakan

Setiap tahunnya, mungkin kita bisa menemukan software terbaru. Seperti yang kita tahu, dunia begitu jauh dari kata sempurna, kita tentu pernah melakukan kesalahan. Berbagai kesalahan tersebut ada yang berbahaya ada pula yang sangat berbahaya. Kita harus memeriksa semua hal berulang kali, termasuk dalam hal software yang sedang dikerjakan.

Alasan Uji Coba Software Terbaru Sebelum Digunakan

Ketika software dibuat, pembuat mungkin sudah merasa yakin merancang software tersebut dengan baik, namun pada pengaplikasiannya, hal tersebut belum tentu benar, karena mungkin ada saja kesalahan yang dibuat sehingga mengakibatkan software berfungsi kurang optimal. Lantas, mengapa software harus diuji terlebih dahulu sebelum digunakan oleh user?

 

Alasan Mengapa Software Harus Diuji

Pengujian software tentu saja dilakukan untuk mengecek apakah ada kesalahan atau kekurangan dalam software tersebut. Ketika membuat software, biasanya software terbaru akan digunakan untuk mengganti versi lama. Sehingga, kurang rasanya jika software pengganti malah memiliki kualitas yang jauh lebih buruk dibandingkan dengan software lama.

Alasan Uji Coba Software Terbaru Sebelum Digunakan

Pengujian software ini juga dilakukan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, dan aplikasi dengan biaya perawatan rendah. Bila dari awal peluncuran memiliki kesalahan, pembaruan secara berkala untuk menghilangkan kesalahan atau menambal kecacatan bisa segera dilalukan. Tak sampai di sana, pengujian juga dilakukan untuk menghindarkan Anda dari adanya kegagalan yang dapat menimbulkan kerugian besar.

Pada dasarnya, pengujian software ini dapat dilakukan dengan cara manual atau menggunakan software lain. Pengujian secara manual memang lebih terlihat rinci, namun membutuhkan waktu lama dan biaya yang tidak sedikit. Sedangkan, jika menggunakan software lain, pengujian bisa dilakukan dengan lebih cepat dan lebih menghemat waktu.

 

Standar IEEE yang Biasa Digunakan untuk Menguji Perangkat Lunak Terbaru

Standar IEEE merupakan, standar yang menguji software paling baru serta diizinkan untuk mengembangkan perangkat lunak. Standar ini merupakan satu-satunya standar yang diakui oleh internasional serta disetujui untuk digunakan dalam pengujian software terbaru. Hingga sekarang standar pengujian ini sudah dikembangkan berbagai macam seri, sehingga saat dijalankan dapat memastikan kualitas software secara maksimal.

Alasan Uji Coba Software Terbaru Sebelum Digunakan

Ada beberapa standar pengujian yang harus Anda ketahui. Pertama, ISO / IEC / IEE 29119-1. Standar ini memiliki fokus pada konsep dan definisi perangkat lunak yang dibuat. Dengan menggunakan standar ini, pengguna bisa memahami kosa kata serta memberi contoh yang relevan pada setiap prakteknya. Dapat dikatakan, standar ini menjadi standar dasar pengujian software.

Kedua, ISO / IEC / IEEE 29119-2. Jika sebelumnya digunakan untuk menguji dasar software, software ini memiliki tujuan untuk mengembangkan model. Proses pengujian software terbaru dengan menggunakan standar ini akan dilakukan hingga tiga lapis mencakup spesifikasi pengujian, strategi hingga manajemen pengujian software.

Ketiga, ISO / IEC / IEE 291194. Standar ini memiliki fokus pada teknik desain uji yang dikembangkan. Teknik ini menjadi cara yang sangat efektif untuk menyajikan bukti jika syarat software sudah terpenuhi dengan baik, tidak ada cacat atau pun tidak ada kekurangan pada software tersebut. selain itu dengan menggunakan standar ini, teknik pengujian bisa dilakukan dengan cara dinamis.

Melakukan pengujian software yang sudah dibuat bisa dikatakan menjadi saat-saat yang mendebarkan. Karena, di sini software akan diuji, apakah benar-benar bisa dilempar ke pasar atau tidak. Jika tidak bisa dilempar ke pasar atau pengguna, tentu saja software harus diuji ulang hingga mencapai batas maksimal. Jadi, ternyata memunculkan software tidak semudah yang di duga. Semoga artikel mengenai pengujian software terbaru di atas bermanfaat bagi Anda.