WhatsApp Business Aplikasi Tepat untuk Pebisnis

Dengan berkembangnya dunia bisnis yang semakin lama semakin merajalela, sekarang WhatsApp atau yang lebih sering disingkat dengan WA merilis aplikasi khusus untuk pebisnis. Aplikasi ini bernama WA Business. Diambil alih oleh Facebook, perusahaan ini meresmikan produk teranyarnya tahun lalu.

WhatsApp Business Aplikasi Tepat untuk Pebisnis

Aplikasi ini khusus ditujukan untuk pebisnis, sehingga mereka lebih mudah terhubung ke pengguna maupun pelanggan bisnis lainnya. Tak dapat dimungkiri jika WA menjadi aplikasi pesan yang memiliki pengguna terbanyak di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena WA menjadi aplikasi pesan instan yang mempergunakan layanan internet tanpa memiliki batasan pesan.

 

Mengenal WhatsApp Business

WA business ini merupakan aplikasi yang begitu berguna bagi Anda yang mempunyai sebuah usaha, seperti usaha UKM atau pun perusahaan besar. Pihak dari WA ini berpedoman jika pengguna bukan hanya menggunakan aplikasi untuk mengirim pesan pribadi, tetapi digunakan untuk menyalurkan bisnis yang mereka miliki ke pengguna lain.

WhatsApp Business Aplikasi Tepat untuk Pebisnis

Inilah yang menjadikan WhatsApp dapat meningkatkan pengalaman Anda dalam menjalankan bisnis. Sebagai warna negara Indonesia, kita bisa berbangga karena termasuk negara yang bisa memperoleh aplikasi ini. Negara lain yang memperoleh WA business adalah Amerika Serikat, Kerajaan Bersatu Britania Raya, Meksiko, Italia, serta Irlandia Utara.

Pada dasarnya, penggunaan aplikasi ini tidak berbeda jauh dengan aplikasi pesan sebelumnya, tetapi pendaftaran akun dan pengunduhan mempunyai fitur yang dapat menunjang bisnis. Contohnya dalam segi unduh, di sini pengguna android bisa mengunduh aplikasi di Google Play dengan gratis, tanpa dipungut biaya.

Untuk proses sign-up, seperti aplikasi sebelumnya, nantinya Anda akan diminta melakukan verifikasi nomor telepon dan memasukkan kode negara. Jika proses sign-up sudah berhasil, form berikutnya ialah penamaan akun bisnis. Perhatikan dengan baik penamaan akun bisnis, karena penamaan tak bisa dirubah kembali.

 

Perbedaan Tipe Messenger dan Business

WhatsApp Business Aplikasi Tepat untuk Pebisnis

Mungkin Anda berpendapat jika tidak ada perbedaan yang signifikan dari WA messenger dan Business. Sebenarnya, terdapat beberapa perbedaan yang sangat jelas.

Pertama, masalah logo aplikasi. Logo kedua aplikasi ini berbeda. Untuk messenger, logo berbentuk gagang telepon, sedangkan untuk business, logo menggunakan huruf abjad kapital. Tetapi, backgroundnya tetap menggunakan warna hijau yang menjadi ciri khas.

Kedua, profil dan nama akun pengguna. Untuk jenis bisnis terdapat profil bisnis yang memiliki tujuan agar pelanggan dapat mengetahui informasi yang berkaitan dengan bisnis yang Anda geluti seperti deskripsi, lokasi, email dan kategori. Sedangkan untuk nama akun pengguna, jenis messenger bisa dengan mudah diubah, namun untuk WhatsApp business tidak bisa.

WhatsApp Business Aplikasi Tepat untuk Pebisnis

Ketiga, menggunakan nomor telepon kantor. Di dalam aplikasi ini, tak hanya bisa menggunakan nomor ponsel saja, namun Anda juga dapat menggunakan nomor telepon rumah. Tetapi, pihak dari WA memberi saran agar tak berganti-ganti nomor serta harus menemukan nomor yang permanen.

Keempat, adanya fitur perpesanan otomatis. Jenis Business mempunyai fitur pesan otomatis, fitur ini tidak ada pada jenis messenger. Dengan fitur ini, jika muncul pesan masuk dari pelanggan di jam kerja, maupun kantor sudah tutup, pesan balasan bisa otomatis terkirim. Pesan ini juga sering digunakan untuk menyambut pelanggan baru.

Sebagai seorang pebisnis, tentu saja menggunakan pesan chat bisnis ini tentu sangat menguntungkan dan menjadi hal yang baik untuk memperoleh peluang besar di bisnis yang Anda lakoni. Dengan fitur ini, pemilik usaha bisa lebih mudah untuk mengontrol bisnis, selain itu biaya WhatsApp business juga tak terlalu tinggi.